Kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan sekolah selama tiga hari sejak Senin (15/7/2019) hingga Jumat (19/7/2019).

Selama lima berturut-turut, para peserta didik baru yang bersekolah di SMA Negeri 1 Bluluk diberikan materi mengenai sekolah sehingga para peserta didik dapat mengetahui apa yang nantinya dilakukan di sekolah tersebut.

Kepala SMA Negeri 1 Bluluk, Drs. Muhammad Su’ud, mengatakan, MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.

MPLS, katanya, juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu.

Selain itu, katanya, kegiatan MPLS juga untuk pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Kepala sekolah mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan MPLS untuk memperkenalkan keberadaan kondisi sekolah kepada peserta didik baru. Sehingga, katanya, para peserta didik baru dapat mengetahui keberadaan SMA Negeri 1 Bluluk.

Menurut Kepala sekolah, materi yang diberikan kepada peserta didik baru, yakni materi tentang tata tertib sekolah, sisi kurikulum sekolah, kesiswaan, dan kegiatan ekstra yang semuanya diberikan kepada peserta didik sebelum mereka melaksanakan kegiatan belajar di SMA Negeri 1 Bluluk.