Penentuan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2019 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah menentukan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri setelah berkonsultasi dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengkaji dan berusaha mengakomodasi permintaan masyarakat. Ia pun menjelaskan bahwa pihak Kementerian mengharuskan penerapan zonasi pada PPDB. 
Hasilnya, 10% untuk jalur di luar zonasi dan 90% dalam zonasi. Aturan tersebut tetap mengacu pada Peraturan Kementerian dan Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018. Untuk kuota 10% di luar zonasi, 5% diantaranya untuk jalur prestasi baik akademik maupun non akademik dan 5% lainnya untuk jalur perpindahan tugas dinas orangtua. Sedangkan 90% dalam zona pembagiannya adalah kuota 20% akan diperuntukkan bagi siswa dengan nilai Ujian Nasional. Sementara 20% lainnya untuk jalur keluarga miskin yang didalamnya ada kuota sebesar 5% bagi anak buruh. Sisanya sebesar 50% untuk jalur reguler yang berdasarkan jarak dan kecepatan pendaftaran. 
Pemakaian nilai Ujian Nasional difasilitasi dengan dengan kuota luar zona sebanyak 2,5% yang menjadi bagian jalur prestasi secara offline. Sementara itu jalur dalam zona juga memakai pertimbangan nilai Ujian Nasional dengan kuota 20%. “Kalau yang dalam zona semuanya online. Tetapi nanti seleksinya sendiri-sendiri. Untuk yang 20% memakai nilai ujian Nasional seleksinya nilai tertinggi dulu, kalau ada yang sama nilainya pertimbangan selanjutnya yaitu jarak sekolah dengan rumah. Sementara untuk jalur zonasi reguler yaitu kuotanya 50% sistemnya seleksi dilakukan dengan seleksi jarak dan kecepatan waktu pendaftaran. Jika ditemukan pendaftar dengan jarak dan kecepatan yang sama dalam mendaftar maka akan diseleksi berdasarkan nilai Ujian Nasional. 
Sementara itu, terkait pengambilan PIN PPDB SMA/SMK negeri bisa mulai dilakukan mulai tanggal 27 Mei sampai 20 Juni 2019 selama jam kerja di SMA/SMK Negeri. Dikatakan Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Indah Andayati saat ini website ppdbjatim.net sudah bisa diakses. Jadwal pelaksanaan PPDB juga sudah dilakukan dan dipastikan tidak akan berubah.

sumber : https://www.instagram.com/p/Bxt0xA1pnwY/?igshid=eynzwdso7m7i